Berikut adalah panduan lengkap cara membuat facebook pages untuk bisnis baru Anda
Seperti yang banyak disebutkan di artikel Studentpreneur, bahwa
promosi yang baik adalah lewat media online. Mengapa? Karena murah dan
mudah. Karena media online itu sangat banyak, mulai dari website, iklan,
forum sampai sosial media. Kita sekarang akan membahas secara lengkap
tentang bagaimana menggunakan facebook untuk bisnis. Banyak sekali yang
menyalahgunakan Facebook
untuk bisnis secara sembarangan. Mulai dari
spam atau menggunakan akun pribadi. Padahal Facebook sendiri ada tempat
sendiri untuk para pebisnis, yaitu Facebook Pages. Nah, sekarang kita
akan membahas secara dalam bagaimana cara membuat Facebook Pages untuk
bisnis.Masuk kedalam akun Facebook Anda
Yang paling mutlak untuk membuat Facebook Pages untuk bisnis adalah,
Anda harus mempunyai akun Facebook. Jika tidak punya, Anda harus segera
mendaftar. Ketika sudah mendaftar atau Anda sudah mempunyai akun
Facebook, Anda bisa menuju ke http://www.facebook.com/pages/create.php pada browser Anda.
Setelah itu Anda akan melihat 6 pilihan kategori:
- Local Business or Place
- Company, Organization or Institution
- Brand or Product
- Artist, Band or Public Figure
- Entertainment
- Cause or Community
Ini sangat harus Anda perhatikan, karena ketika Anda memilih salah
satu dari kategori Facebook Pages tersebut, itu akan berpengaruh
terhadap pencarian yang relevan di Facebook. Misalnya Anda mempunyai
bisnis kuliner, Anda bisa menggunakan “Local Business or Place”, jika
misalnya Anda mempunyai bisnis software ataupun kuliner tetapi Anda
menonjolkan suatu produk, Anda bisa menggunakan “Brand or Product”.
Setelah memilih, pastikan Anda setuju dengan Facebook Pages Terms.
Isilah informasi tentang pages Anda selengkap dan sedetail mungkin
Inilah biasanya kekurangan dari beberapa bisnis yang ada di Facebook.
Mereka seenak mengisi profile dan informasi yang ada di Facebook Pages
mereka. Padahal, dari informasi inilah pelanggan bisa mengetahui
sebenarnya apa dan bagaimana bisnis Anda berjalan dan bisnis Anda
tawarkan. Pernah kan Anda mencari produk, lalu terhubung di Facebook
tetapi kecewa karena produk yang Anda lihat ternyata tidak jelas.
Nah, untuk itulah Anda bisa mengisi profile dan informasi di Facebook
Pages Anda dengan detail dan selengkap mungkin. Yang pertama adalah
foto, Anda bisa menggunakan logo dari bisnis Anda, jika tidak punya Anda
wajib membuat togo atau minimal tulisan. Foto ini adalah hal yang
penting, karena setiap Anda posting foto dari Facebook Pages itulah yang
muncul. Jadi hal wajib Anda membuat foto profile yang menarik.
Lalu yang kedua adalah halaman about, disini akan terbagi Short
Description dan Long Description. Sudah tidak perlu dijelaskan lagi kan,
Anda harus mengisi Short Description dengan deskripsi yang pendek 1
sampai 2 kalimat. Baru untuk Long Description, Anda bisa menjelaskan
panjang lebar tentang bagaimana bisnis Anda dan macam-macam produk Anda.
Dan jangan sampai lupa untuk mengisi url website, alamat serta nomor
telepon.
Jelajahi Admin Panel Anda
Apa ini Admin Panel? Disini adalah Anda bisa menjadi raja dari
Facebook Pages Anda. Disini Anda akan mulai membangun Facebook Pages
Anda untuk bisnis dari awal. Pertama disini Anda bisa mengedit halaman
Page Anda, mulai dari mengupdate deskripsi atau mengganti foto profile.
Selain itu Anda bisa mengatur peran administrator, jika Anda
mempunyai karyawan sendiri yang bertugas untuk mengatur Facebook Pages
Anda ini, Anda bisa memberikannya hak administrator. Tugas administrator
ini selain mengedit atau mengupdate deskripsi Facebook Pages Anda,
administrator bisa membuat konten, mengupload foto ataupun membalas
komentar. Selain itu, administrator juga bisa menghapus komentar yang
negatif atau tidak relevan.
Isi konten dari Facebook Pages Anda
Setelah semuanya sudah terisi, sekarang saat Anda membuat konten.
Pertama konten yang harus Anda isi adalah foto cover, foto cover ini
cukup besar dan bahkan lebih besar daripada foto profile. Jadi Anda bisa
meletakkan deskripsi singkat bisnis Anda disertai foto produk yang
menarik. Selain itu Anda bisa meletakkan foto-foto promo dari bisnis
Anda.
Foto cover selesai? Saatnya mengupdate foto, video, event serta
album. Sebenarnya, pentingnya dari Facebook Pages untuk bisnis adalah
foto produk. Semakin detail dan menarik foto produk Anda, semakin
menarik pelanggan pula. Pelanggan bisa akan terpuaskan ketika melihat
lengkapnya deskripsi informasi produk dan tentu foto yang menarik. Lalu
Anda bisa menambahkan event jika bisnis Anda mengadakan event. Konten
tambahan seperti video atau album bisa Anda atur sedemikianrupa juga.
Update-lah sesering mungkin tetapi tidak sering
Bagaimana ini maksudnya? Anda bisa memposting foto atau konten
informasi yang berguna di Facebook bisa 4 sampai 5 kali dalam sehari.
Biasanya pagi hari saat jam masuk kantor, saat makan siang, sore hari
dan malam hari. Anda bisa mengatur sendiri. Nah, Anda harus update
sesering mungkin ketika ada komentar dari pelanggan. Ini penting,
pelanggan jangan sampai merasa tidak dihiraukan. Maka dari itu, Anda
bisa menugaskan administrator lain untuk membalas komentar.
Membangun calon pelanggan Anda dan memantau
Ketika semua sudah lengkap dan detail, yang harus Anda lakukan adalah
berpromosi. Pertama pada karyawan, keluarga dan teman-teman Anda.
Jangan terlalu spam atau sembarangan, Anda bisa menginvite beberapa
dalam sehari. Selebihnya Anda bisa mempromosikan Facebook Pages Anda
dihalam Facebook Anda sendiri, atau meminta bantuan teman-teman Anda.
Berinteraksi juga akan membantu membangun calon pelanggan Anda.
Lalu yang kedua adalah memantau, didalam admin panel Anda akan
melihat View Insight. Disana Anda melihat pergerakan dan pola dari
Facebook Pages Anda. Mulai dari berapa Likes sehari, lalu komentar serta
page views. Disana Anda akan meliahat apakah Facebook Pages untuk
bisnis Anda ini berjalan dengan baik atau tidak. studentpreneur.co
No comments:
Post a Comment
Komentar