5 Cara Mengatakan Kata “Tidak” Dengan Hormat

Thursday 2 April 2015


Terkadang mengcapkan kata “Tidak” menjadi kesulitan tersendiri untuk sebagian orang dalam dunia bisnis. Belajar untuk mengatakan “Tidak” dengan cara yang hormat tapi tegas adalah kunci keterampilan Anda untuk dapat mengembangkan dan menangani permintaan yang diberikan kepada Anda, mungkin saat Anda tidak punya waktu untuk itu.
Meskipun Anda menolak terhadap sesuatu dengan mengatakan “Tidak” dengan cara yang menghargai seperti:

1. Tidak, Terimakasih

Keterusterangan tetap memiliki tempat dengan dapat dinyatakan dengan anggun. Menambahkan kata “terima kasih” untuk Anda yang ingin menunjukkan kata “tidak” dengan rasa hormat dan tetap menjaga hubungan.

2. Saya Memiliki Kebijakan

Meyampaikan penolakan dengan cara kedua yaitu dengan memiliki kebijakan. Contohnya seperti “Saya memiliki kebijakan untuk tidak pernah meminjamkan uang kepada teman atau anggota keluarga,” atau, “Saya memiliki kebijakan untuk tidak pernah melakukan pembelian signifikan tanpa terlebih dahulu berbicara dengan istri saya (atau suami, atau pasangan).”

3. Saya Memiliki Rencana

Sebuah ungkapan sehari-hari yang dapat menegaskan kepentingan Anda serta memberikan Anda kekuatan tanpa merusak hubungan Anda seperti contohnya Aku sudah punya rencana,” atau, “Saya punya acara lain saya sudah berkomitmen untuk malam itu.”

4. Tidak Sekarang

Mungkin lain waktu. Ini akan melembutkan bahasa untuk megatakan “Tidak” saat Anda mendapat permintaan. “Tidak sekarang” hanya boleh digunakan dalam kasus-kasus di mana tidak ada kemungkinan nyata untuk melakukan permintaan yang diberikan kepada Anda.

5. Saya Lebih Memilih Untuk Mundur Dari Pada Melakukan Pekerjaan Yang Tidak Saya Suka

Ketika Anda menolak untuk melakukan pekerjaan yang menurut Anda itu buruk, Anda tidak hanya menegaskan kepentingan Anda sendiri tetapi juga harus memperhatikan hubungan Anda untuk tetap baik. Jika apa yang Anda putuskan misalnya berkata “Iya” dan kemudian pekerjaan yang Anda harus lakukan adalah jauh tertinggal dari apa yang Anda harapkan justru itu akan memperburuk keadaan dan hubungan Anda dengan orang tersebut.
Demkian kata-kata yang dapat Anda katakan untuk menolak terhadap sesuatu yang Anda tidak inginkan. Anda harus mengetahui batas diri Anda sendiri, jika tidak ingin lebih baik jangan dilakukan. Luangkan waktu Anda untuk melakukan apa yang Anda ingin lakukan dengan baik dan hal apa yang benar-benar terbaik untuk Anda. Baik untuk Anda akan baik pula untuk lingkungan sekitar Anda dalam jangka panjang.

No comments:

Post a Comment

Komentar