Pertumbuhan dan ekspansi bisnis adalah tujuan utama bagi sebagian
besar pemilik bisnis dan pengusaha. Ada banyak cara untuk memperluas
bisnis Anda di era pertumbuhan perekonomian yang lambat seperti saat
ini. Tantangan ekonomi saat ini banyak menawarkan peluang unik untuk
memperluas bisnis bagi mereka yang memiliki kemampuan khusus.
Pengembangkan bisnis Anda adalah suatu tantangan yang berkelanjutan.
Jika Anda telah menggunakan teknik perkembangan bisnis yang sama selama
beberapa waktu, berikut adalah beberapa ide-ide segar, unik dan cocok
untuk kondisi pasar saat ini, yang mungkin bisa merangsang beberapa
pemikiran baru tentang bagaimana memperluas bisnis Anda.
Merencanakan strategi perluasan bisnis
Imajinasi dan perencaan merupakan kunci untuk memulai perluasan
bisnis. Pikirkan setiap mode perluasan bisnis yang telah didiskusikan di
atas dan sesuaikan dengan bisnis Anda. Mulai membuat daftar
perencanaan. Sebagai contoh, kota mana yang Anda pilih untuk membuka
cabang baru? Siapa kompetitor yang akan Anda beli jika harganya sesuai?
Industri apa saja yang terkait atau menjadi pelengkap dengan bisnis Anda
sekarang? Ketika Anda telah mengidentifikasi beberapa cara untuk
melakukan perluasan bisnis, lakukan sedikit riset pasar untuk lebih
mempelajari mengenai kesempatan dan masalah untuk perluasan bisnis.
Sebagai contoh, ketika akan ingin membuka cabang baru di kota lain, Anda
mungkin bisa mengunjungi kota tersebut dan menanyakan pelanggan
potensial tentang ketertarikan melakukan bisnis dengan Anda jika Anda
membuka cabang baru di kota mereka.
Mengembangkan bisnis secara organik
Perkembangan organic adalah bentuk paling umum dari ekspansi usaha
kecil, dan mungkin cara Anda mengembangkan bisnis selama ini. Dalam
perekonomian saat ini dimana konsumen semakin beralih pada nilai
dibandingkan loyalitas, kesuksesan perkembangan organic membutuhkan
introspeksi. Setiap bisnis harus memikirkan hubungan mereka dengan
pelanggan utama untuk menentukan mengapa mereka tetap berlangganan, atau
tidak mau lagi berlangganan. Perekonomian saat ini dapat mengubah cara
pandang pelanggan terhadap produk atau jasa Anda, karena kebutuhan
mereka mengenai layanan, harga dan faktor-faktor bisnis lainnya mungkin
dipengaruhi oleh situasi ekonomi mereka. Transformasi analisis ini
menjadi suatu inisiatif dalam memperbaiki bisnis dan masa depan,
misalnya bagaimana membuat pelanggan senang, besaran investasi dalam
bisnis, penjualan dan pemasaran yang agresif. Oleh karena itu, Anda
sebaiknya memperkuat hubungan dengan pelanggan utama dan tingkatkan
nilai produk dan jasa Anda merupakan hal yang sangat penting jika Anda
ingin berkembang secara organik.
Tambahkan produk dan layanan baru
Strategi ini terdengar relatif sederhana, namun mengeksekusi strategi
ini secara serius bukanlah hal mudah. Pertama, Anda perlu mencari tahu
mana produk dan layanan yang pelanggan Anda inginkan, dan berapa banyak
dari mereka yang bersedia membayar untuk produk Anda. Berikutnya,
menentukan mampu atau tidak Anda menjual produk dan layanan hingga
menghasilkan keuntungan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan
melakukan riset pasar menyeluruh sebelum melakukan pencarian sumber daya
(manusia dan keuangan) untuk produk baru atau perluasan layanan.
Menjual lebih banyak produk dan layanan kepada pelanggan yang ada
Ini adalah sisi lain dari strategi pertama: Menyentuh basis pelanggan
Anda saat ini dengan lebih dalam. Mulailah dengan melakukan analisis
segmentasi pasar untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang paling
banyak membeli sehingga Anda dapat memfokuskan penjualan dan strategi
pemasaran pada segmen ini.
Perluas Pada Industri Terkait
Apa yang telah Anda lakukan dengan tepat di bisnis Anda sendiri bisa
juga diterapkan dengan baik untuk industri yang masih berhubungan,
misalnya agen travel dan asuransi perjalanan. Ketika memperluas bisnis
Anda pada industri yang masih terkait, Anda dapat memulai bisnis dari
awal atau membeli bisnis yang sudah ada. Akuisisi cenderung lebih cepat,
lebih murah dan kurang berisiko.
Perluasan dalam industri yang masih berhubungan dengan bisnis Anda
dengan produk pelengkap atau jasa akan meningkatkan basis pelanggan
potensial Anda dan juga dapat merevitalisasi siklus penjualan Anda.
Basis pelanggan yang lebih besar dan lebih beragam juga akan menempatkan
bisnis Anda dalam posisi yang lebih mudah untuk dijual atau mencari
investor.
Bentangkan pasar ke wilayah-wilayah baru
Inti strategi kali ini adalah untuk memasarkan dan menjual produk
maupun jasa yang ada pada pelanggan baru. Para pelanggan baru bisa dari
segmen yang berbeda atau lokasi yang berbeda dari tempat Anda
beroperasi. Jika jenis bisnis Anda ritel atau toko, jenis ekspansi
kemungkinan berupa pembukaan lokasi baru di daerah geografis yang
berbeda – baik di kota atau di provinsi berbeda.
Jika bisnis Anda hanya ada pada satu lokasi atau satu wilayah saja,
sekarang mungkin waktunya untuk mendirikan toko di lokasi kedua atau
memperluas area layanan Anda. Misalnya membuka usaha di lingkungan
terdekat atau kota lain atau membuat layanan Anda tersedia untuk
khalayak yang lebih luas secara geografis. Membuka cabang kedua jauh
lebih murah daripada memulai bisnis baru dari nol. Anda juga bisa
mendapatkan banyak pelanggan baru. Dengan demikian, cara ini bisa untuk
meningkatkan bisnis Anda menjadi lebih menguntungkan. Perluasan bisnis
sering memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari skala ekonomi
yang sebelumnya tidak bisa Anda dapatkan. Selain itu, juga memberikan
peningkatan keuntungan tambahan.
Anda sebaiknya menentukan target pasar dan pelanggan baru.
Kebanyakan bisnis menargetkan penjualan dan upaya pemasaran ke pasar
pelanggan tertentu berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin,
dan lokasi atau psikografis seperti minat, aktivitas, dan nilai-nilai.
Tapi apakah ada pasar pelanggan lain yang juga mungkin layak untuk
produk dan jasa Anda? Tentu saja ada! Mampu mencapai target pelanggan
yang tepat melalui media yang tepat, pada waktu yang tepat, adalah
langkah pertama untuk memperluas bisnis Anda ke pasar dan pelanggan
baru. Ketika ekspansi ke target pasar baru, Anda perlu untuk
meningkatkan iklan untuk mencapai mereka. Anda bisa membuat website
bisnis untuk menjangkau pelanggan yang sulit dikunjungi secara langsung.
Masuk pada penjualan baru dan delivery channel
Internet adalah contoh terbaik dari bagaimana penjualan dan saluran
pengiriman baru dapat mengubah bisnis kecil. Perusahaan yang tak
terhitung jumlahnya telah mengambil keuntungan dari peluang bisnis
online. Para retailer yang membuka toko online untuk penyedia layanan,
mampu menjangkau audiens yang lebih luas melalui iklan online. Mereka
juga menggunakan teknik optimasi mesin pencari (SEO) untuk mendapat
peringkat tinggi dalam pencarian web yang dilakukan oleh calon
pelanggan.
Mengambil alih bisnis lain
Ini mungkin cara tercepat untuk pertumbuhan dan ekspansi.
Penggabungan atau mengakuisisi bisnis lain benar-benar dapat
melipatgandakan ukuran bisnis Anda dalam semalam, pertumbuhan penjualan
dan pendapatan secara eksponensial. Tapi Anda harus melakukan riset
menyeluruh pada setiap calon akuisisi potensial sebelum bergerak maju
dengan penggabungan usaha.
Kemungkinan beberapa pesaing Anda berjuang dalam ekonomi yang kurang
baik saat ini dan mereka mungkin siap untuk menjual bisnis mereka.
Daripada mereka menjual ke pesaing baru, Anda lebih baik membelinya dan
mengintegrasikan kegiatan usahanya dengan bisnis Anda. Karena Anda tahu
seluk-beluk industri Anda dan bisnis mereka, Anda cenderung untuk tidak
membayar mahal. Anda juga mungkin memiliki ide yang baik tentang
bagaimana untuk meningkatkan operasi pesaing Anda dengan memanfaatkan
keahlian dan pengalaman Anda. Selain itu, mungkin ada skala ekonomi yang
Anda dapatkan seperti penurunan biaya bahan baku atau biaya bisnis
lainnya. http://studentpreneur.co
No comments:
Post a Comment
Komentar