Anton Soeharyo |
Game
online punya banyak penggemar di Indonesia. Selain game asing, banyak
juga game lokal karya anak muda Indonesia yang sukses di pasaran. Salah
satu developer game lokal adalah Anton Soeharyo di Jakarta.
Mengusung nama perusahaan Touchten, Anton sukses memproduksi 20 game dengan 10 juta orang pengguna.
Di antara game buatannya adalah Shushi Chain, Ramen Chain, Infinite
Sky, Teka Teki Saku, Amazing Cupid, Train Legend, dan Fun Toilet Game.
Touchten berdiri tahun 2009. Anton sebenarnya iseng-iseng saja memulai bisnisnya. Kebetulan ia juga hobi bermain game.
"Awalnya saya iseng menginvestasikan uang jajan dari orangtua saat
kuliah untuk buat game platform IOS iPhone," ujar sarjana hubungan
internasional lulusan dari universitas di Jepang ini.
Ia sengaja membuat game berbasis IOS iPhone karena ponsel pintar itu
baru banyak peminatnya di seluruh dunia. Lantaran iseng, awalnya hanya
membuat game di apps store. Lantaran tidak pernah mengenyam pendidikan
komputer, awalnya Anton berpikir mustahil bisa membuat game.
"Tapi setelah saya geluti dan seriusi, pekerjaan ini menjadi gampang
dan menyenangkan dengan memahami training dan tools-nya," ujarnya.
Anton mengaku, bangga menjadi developer game. Sebab, banyak karyanya
yang disukai dan membuat mereka senang dengan permainan tersebut.
Untuk membesarkan usahanya, Anton melibatkan adik dan sepupunya.
Kebetulan saudaranya ini memiliki latar belakang pendidikan ilmu
komputer. Dengan bergabungnya mereka, kini Touchten semakin produktif
membuat game-game terbaru.
Menurut Anton, proses pembuatan sebuah game bisa menghabiskan waktu
sekitar tiga sampai dengan enam bulan. Proses awalnya dengan membentuk
sebuah tim yang bertugas melakukan game pitching day atau pengembangan
ide. Masing-masing anggota tim menyatukan ide tentang game yang akan
dibuat.
Inspirasinya bisa datang dari game yang sudah pernah dimainkan. Namun
tema, grafis, dan avatarnya diubah sesuai keinginan mereka. Setelah
menemukan ide, prosesnya dilanjutkan ke tim programer dan grafis. "Kami
memiliki dua orang programer dan dua orang grafis," jelansya.
Programer bertugas membuat prototipe game, sementara tim grafis
membuat konsep. Setelah itu game memasuki tahap pembuatan (develope).
Total biaya pembuatan satu game ini rata-rata tidak lebih dari 20.000
dollar AS. Nah, setelah game itu selesai dibuat, barulah Anton
memasarkannya di apps store IOS dan playstore Google.
Menurut Anton, tahapan tersulit dan dalam bisnis game online ini
adalah kegiatan marketingnya. Soalnya, kompetitor bisnis ini sangat
ketat. Setiap hari puluhan ribu game baru muncul.
“Butuh usaha lebih bagaimana developer game memasarkan supaya bisa
menjadi nomor satu dan bisa menonjol dibanding game lain," ujarnya.
Anton mengaku, bisa mengantongi omzet dari satu game sebesar 10.000
dollar AS per bulan. Ada pun total omzetnya sekitar 200.000 dollar AS
atau lebih dari Rp 2 miliar per bulan. (tribunjogja,com)

No comments:
Post a Comment
Komentar