Dengan tudingan melayang dimana-mana bahwa Facebook mempermainkan
algoritma mereka sendiri sehingga pengguna harus membayar agar iklan
mereka dapat terlihat secara otomatis pada follower mereka, maka mungkin
sudah selayaknya Anda mulai memperluas strategi pemasaran perusahaan
Anda, selagi ada kesempatan. Ada banyak alternatif di luaran sana, dan
beberapa di antaranya mungkin terbukti lebih efektif untuk marketing
dibanding Facebook. Berikut beberapa di antaranya:
Tentu saja, Twitter
Ketika Jakarta termasuk target market Anda, maka Twitter bisa jadi
media yang cocok bagi marketing Anda. Ibukota Indonesia berhasil
menempati posisi puncak sebagai kota dengan pengguna Twitter teraktif di
Dunia, demikian dilansir dari majalah Forbes. Jakarta berhasil
mengalahkan kota kota besar lainnya di seluruh Dunia seperti New York,
London, Tokyo dan Sao Paolo.
Pinterest
Pinterest, mungkin akan jadi raksasa media sosial berikutnya, adalah
sebuah situs jejaring sosial yang berorientasi keras pada tampilan
visual di mana pengguna dapat mengirim, berbagi dan mengatur gambar.
Banyak bisnis kecil yang berhasil merengkuh kesuksesan terhubung dengan
sejumlah besar pengguna Pinterest, asalkan mereka memiliki foto yang
indah untuk berbagi. FYI, profil pengguna Pinterest dikabarkan sebagian
besarnya adalah wanita, sehingga platform ini sangat pas bagi Anda yang
ingin mempromosikan fashion, dekorasi rumah, makanan, dan produk lainnya
yang dapat dengan mudah difoto.
Instagram
Meskipun sudah diakuisisi oleh Facebook, nyatanya Instagram tetap
berjalan sendiri. Dalam perkembangannya, jelas terlihat bahwa Instagram
telah menjadi salah satu media sosial dengan tingkat popularitas yang
tinggi, dan akan bertumbuh seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna
smartphone. 5 juta foto diunggah tiap hari, 575 Likes per detik, 81
komentar per detik.
Path
Jika Anda ingin menjangkau khalayak yang lebih sedikit, namun
berkualitas tinggi, Path mungkin bisa sangat cocok. Dengan Path,
pengguna hanya dapat berbagi dengan 150 orang, yang berarti setiap
koneksi bisa jauh lebih mungkin untuk dilihat dan diperhatikan. Maka,
bagi bisnis yang menawarkan produk atau layanan eksklusif, memilih
audiens mungkin saja bisa jauh lebih efisien. Hanya dengan
mendistribusikan konten eksklusif bagi 150 kontak Anda, bisnis Anda
lebih mungkin untuk membuat ikatan yang jauh lebih intim daripada di
situs lain.
Google+
Sebagaimana perkembangan Google+, dia menjadi platform yang sangat
menjanjikan. Apalagi mengingat bahwa dibaliknya, dia didukung oleh
raksasa search engine. Maka, bukan berarti bahwa kelak, Google akan menggunakan Google+ untuk me-mining
data pencarian. Google+ juga telah terintegrasi dengan banyak alat
Google lainnya. Ada Google+ Local dan Google Maps. Mereka akan
meningkatkan visibilitas Anda di internet. Sekali setup halaman Google+,
Anda bisa setting pula berbagai layanan ini. Selain itu lewat Google+,
user dapat menyelenggarakan Hangouts, video conference, dan mengirim
undangan acara ke kalender masing-masing, dan masih banyak lagi.
Youtube
Ketika bisnis Anda sudah membuat profil Google+, maka Anda juga telah
memiliki akun Youtube. Pada tahun 2007, YouTube meluncurkan program
kemitraan yang membuka pintu bagi vlogger untuk menghasilkan uang.
Google membayar hingga $ 9.000 untuk setiap 2 juta penayangan. Akan
tetapi bukan soal pendapatan tambahan. Seiring dengan hype Youtube yang semakin besar di masyarakat, maka sudah waktunya bagi marketing bisnis Anda untuk bergerak ke arah konten video.
Tumblr
Tumblr adalah alat ‘microblogging’ di mana pengguna dapat mengirim
update, seperti halnya pada Facebook. Follower bisa subscribe ke akun
tertentu. Namun, di dalamnya tidak ada cukup fleksibilitas dalam
komunikasi sebagaimana yang ditawarkan oleh beberapa jejaring sosial
lainnya. Meski demikian, selain menjadi cara cepat untuk berbagi konten
dengan pengguna pada topik tertentu, Tumblr juga memiliki manfaat
tambahan untuk membantu meningkatkan peringkat mesin pencari bagi
perusahaan-perusahaan yang menginvestasikan waktu dalam menciptakan
konten yang menghubungkan kembali ke situs utama mereka secara efektif.
Tidak seperti Facebook, hasil pencarian Google me-mining data dari posting di Tumblr. Sejak diakuisisi Yahoo, Tumblr semakin mengerti tentang pentingnya kerjasama dengan mesin pencari.
Nextdoor
Bagi perusahaan / individu yang tengah mencari cara terhubung dengan
khalayak lokal daripada seluruh internet, maka Nextdoor mungkin terbukti
jauh lebih efektif. Meskipun tidak tersedia di setiap komunitas, namun
situs ini perlahan-lahan memintal jaringan lokal yang memfasilitasi
warga sekitar agar mengenal daerah mereka sendiri dengan lebih baik.
Saat ini, bisnis tidak bisa bergabung menjadi pengguna, namun individu
bisa, yang mana, Anda dapat mulai dengan membangun personal branding
Anda. Kemudian Anda juga dapat merekomendasikan bisnis Anda sebagai
bisnis favorit di daerah Anda. http://studentpreneur.co
No comments:
Post a Comment
Komentar